Sejarah Singkat Dupa/hio

  • by

Temukan sejarah menakjubkan di balik penggunaan dupa sejak 4000 tahun sebelum Masehi dan sekarang telah ditemukan pada ribuah rumah di seluruh dunia. Lihatlah betapa sederhananya cara menggunakan dupa dan mengapa Anda sebaiknya mempertimbangkannya sebagai pengharum di rumah Anda yang indah.

Batang menakjubkan yang dijiwai dengan minyak wangi dan digunakan untuk menyebarkan asap beraroma itu memiliki sejarah yang panjang hingga 4000 SM, tetapi kita menyukai dupa karena 1 hal, yaitu karena aromanya yang luar biasa. Namun, merupakan hal yang penting dan menyenangkan bagi kita untuk mengetahui dari mana penemuan yang mengagumkan ini berasal.

Sesungguhnya, sejak zaman dahulu kala dupa telah digunakan oleh umat manusia untuk membersihkan udara dengan aromanya yang memurnikan. Peradaban kuno dan hampir semua budaya telah menggunakan dupa di ritual keagamaan mereka, ritual pembalseman untuk menghormati para leluhur mereka. Bahkan ada banyak referensi tentang dupa di Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru Alkitab.

Jadi, kita sudah sampai pada kesimpulan bahwa dupa benar-benar sangat tua, tapi sekarang Anda mungkin bertanya pada diri sendiri, “Bagaimana dupa dibuat?”. Jawabannya tidak hanya bergantung pada jenis dupa apa yang Anda maksud, beberapa dupa batang terbuat dari campuran kayu mentah, herbal, batang yang direndam dalam minyak beraroma atau bahkan bubuk dan pasta. Tetapi untuk membuat pembahasan ini lebih sederhana, mari kita fokus pada dupa jenis batang yang Anda bakar, karena dupa jenis itulah yang umumnya dipikirkan oleh orang-orang ketika mereka mendengar kata “dupa/hio”.

Dupa modern seperti dupa kuno memiliki sekitar 3 bahan, yaitu bubuk aromatik, pulp kayu, perekat atau pengikat (mungkin getah arabik). Bahan-bahan ini umumnya dicampur bersama untuk membentuk sebuah pasta yang dapat digulung ke sebuah cendana tongkat tipis. Campuran dan tongkat/batang tersebut dibiarkan mengering dan jadilah dupa! Secara komersial, cara pembuatan dupa hampir mirip, kecuali proses mekanik yang digunakan untuk mengambil campuran dupa basah dan mencetak mungkin bervariasi.

Fakta menarik tentang dupa adalah bahwa Anda biasanya akan dapat menemukan aroma yang sesuai dengan hidung atau kebutuhan Anda. Bahkan ada banyak jenis dupa yang tersedia. Dupa batang/stick mungkin adalah bentuk dupa yang paling populer, diikuti oleh dupa kerucut. Keduanya mudah terbakar dan dikemas dalam ratusan aroma yang berbeda. Umumnya kedua jenis dupa ini terbakar dengan cukup cepat, mungkin berlangsung selama 20-40 menit. Jika Anda menginginkan sesuatu yang terbakarnya jauh lebih lambat, Anda mungkin tertarik dengan dupa spiral. Hebatnya dupa ini dapat terbakar selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari!

Jenis dupa terakhir yang akan kita lihat adalah dupa jenis bubuk. Selama ini, dupa jenis ini dipesan untuk upacara keagamaan. Dibutuhkan banyak waktu untuk persiapan dan dupa jenis ini bukan dupa yang nyaman digunakan bagi kita yang sedang terburu-buru atau yang hanya ingin sesuatu yang dapat menyala dengan cepat.

Mudah-mudahan informasi ini dapat memberikan sedikit penerangan pada dunia dupa yang menakjubkan. Langkah selanjutnya yang sebaiknya Anda lakukan adalah keluar dan membuat sendiri atau menemukan aroma dupa favorit Anda dan bakarlah.